Halle Berry Tak Ambil Pusing Meski Dinobatkan Aktris Terburuk di “Catwoman”

by -
Halle Berry Tak Ambil Pusing Meski Dinobatkan Aktris Terburuk di “Catwoman”
(Halle Berry & “Catwoman”. Getty Images/Warner Bros/BT)

Bintangtamu.id – Dalam sebuah wawancara, Halle Berry secara blak-blakan mengungkapkan tak terlalu ambil pusing meski perannya sebagai “Catwoman” mengantarkannya menerima The Golden Raspberry Award sebagai aktris terburuk 17 tahun silam.

Ketika “Catwoman” dirilis di tahun 2004, banyak kritikus yang mencemoohnya sebagai film buruk dan tak layak diproduksi. Film yang diberi skor 3.4 dari IMDb serta 9% dari Rotten Tomatoes itu mendapat 7 nominasi The Golden Raspberry Award, sebuah ajang penghargaan untuk film-film dengan kategori terburuk atau kebalikan dari Academy Awards alias Oscars.

Dan penghargaan untuk aktris terburuk tahun itu diberikan kepada Halle Berry.

Namun sang aktris menanggapi santai penghargaan tersebut. Bahkan dia datang langsung ke acara penghargaan tersebut.

“Yah, saya memang datang ke Razzie (sebutan populer untuk The Golden Raspeberry Award). Saya merasa kita semua menilai diri kita terlalu serius. Jika mendapat penghargaan berarti menerima Oscars. Kita dibuat merasa bahwa diri kita lebih baik daripada orang lain. Tapi nyatanya kan tidak,” kata Berry kepada Vanity Fair.

Link Banner
Adegan di Catwoman
(Sisi sensualitas Halle Berry banyak ditampilkan di “Catwoman”. Credit: Warner Bros/YouTube)

Peraih Oscars untuk kategori aktris terbaik di “Monster Ball” tahun 2002 itu menambahkan orang-orang selalu menempatkan standar berlebihan.

“Anda baru saja dipilih tahun itu oleh para kolega dan Anda mendapat pengakuan karena melakukan apa yang mereka anggap pekerjaan luar biasa. Tapi apakah Anda lantas lebih baik dari orang lain yang tidak mendapatkan penghargaan itu? Tentu saja tidak,” ujarnya.

“Jadi, jika Anda dapat Razzie, apa itu berarti Anda adalah aktor terburuk yang pernah ada? Tentunya tidak,” tambahnya.

Halle Berry menjelaskan bahwa intinya adalah untuk menghindari mendorong dirinya terlalu serius. Baginya mendapatkan Oscars atau Razzie sama saja.

“Jika Anda tak bisa menjadi pecundang yang hebat, maka Anda juga tak pantas menjadi pemenang yang hebat,” tegasnya.

Piala Razzie diciptakan sebagai parodi Piala Oscar. Penghargaan untuk pencapaian sinematik kategori yang buruk-buruk ini diciptakan oleh John J. B. Wilson, seorang jebolan UCLA dan veteran industri film, Mo Murphy.

Layaknya Oscars, Razzie juga ada seremoni pemberian penghargaan. Seremoni pertama dihelat di ruang tamu Wilson pada 31 Maret 1981, dan kemudian berlangsung setiap tahun hingga sekarang.

Sylvester Stallone dan Madonna adalah selebritis papan atas Hollywood yang paling banyak ‘diganjar’ Piala Razzie.

Razzie Awards
(Razzie merupakan olok-olok atau parody pada film-film dengan beragam kategori terburuk, termasuk para aktor dan aktrisnya. Credit: Jamie Rector/EPA)

Namun “Catwoman” tetap adalah yang paling fenomenal. Selain memberi gelar aktris terburuk pada Halle Berry yang dua tahun sebelumnya mendapatkan Oscars, film yang disutradarai Pitof ini juga meraih 5 kategori terburuk lainnya.

Total 6 Piala Razzie yang diperoleh “Catwoman” adalah Film Terburuk, Sutradara Terburuk, Skenario Terburuk, Aktris Terburuk, Aktris Pendukung Terburuk dan Gambar Terburuk.

Selain itu, “Catwoman” juga mendapat Spesial Efek Paling Asal-Asalan dari Stinkers Bad Movie Awards, ajang penghargaan parody lainnya untuk film-film terburuk yang digelar setiap tahun.

Meski demikian, film ini sebenarnya mendapat lebih banyak tanggapan positif dalam beberapa tahun terakhir. “Catwoman” menjadi semacam kultus klasik yang banyak dipuji penggemar film superhero, terutama penampilan seksi Halle Berry.

Sang aktris sendiri pernah menyatakan minatnya untuk menyutradarai re-make “Catwoman” ketika ada kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *