“Every Breath You Take”, Lagu The Police yang Paling Banyak Menghasilkan Uang dari Royalti

by -
“Every Breath You Take”, Lagu The Police yang Paling Banyak Menghasilkan Uang dari Royalti
(The Police. Ki-ka: Andy Summers, Sting dan Stewart Copeland. IMDb)

Bintangtamu – Selama kurang lebih 7 tahun berkiprah di dunia musik, band rock The Police sudah menghasilkan 54 lagu serta 5 album. Dari sekian banyak lagu tersebut, “Every Breath You Take” adalah yang paling banyak menghasilkan uang dari royalti.

Hal itu diungkapkan gitaris The Police, Andy Summers, dalam wawancara dengan the Telegraph belum lama ini.

“Barangkali “Every Breath You Take” adalah lagu yang paling banyak diputar dalam sejarah radio Amerika. Soal berapa banyak yang kami dapatkan darinya (royalti, red), ada beberapa angka nol di belakangnya. Dan itu masih berlangsung hingga hari ini. Tidak pernah berakhir,” tutur Andy Summers saat ditanya lagu The Police yang paling banyak mendapatkan uang dari royalti.

Hal ini membuat The Police menjadi salah satu band besar yang lagu-lagunya terus mengalirkan pundi-pundi uang, sama seperti The Beatles, Rolling Stones, The Who, Pink Floyd, Queen, dlsb.

“Every Breath You Take” masuk di album kelima, “Synchronicity”, yang dirilis pada 17 Juni 1983. Lagu yang diciptakan Sting tersebut memuncaki tanggal lagu Billboard Hot 100 selama dua bulan di AS dan Kanada, menjadikannya lagu yang paling banyak didengar di tahun 1983. Sementara di negara-negara lain, lagu itu juga menduduki Top 10.

Link Banner
Cover Album Synchronicity
(“Every Breath You Take” menjadi salah satu lagu di album kelima “Synchronicity” yang sekaligus menjadi album terakhir The Police.)

Semenjak dirilis, “Every Breath You Take” tak henti-hentinya mendapatkan penghargaan. The Police dan hit tersebut dinominasikan untuk 3 Grammy Awards ke 26 di tahun 1984 dan memenangkan dua di antaranya untuk kategori  “Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal” dan “Record of the Year”.

Sedangkan Sting sebagai penciptanya, menerima penghargaan Ivor Novello di tahun 1983 untuk “Best Song Musically and Lyrically” dari British Academy of Songwriters, Composers & Authors.

Karena dianggap sebagai hit fenomenal serta tercatat paling sering diputar dalam sejarah radio, majalah musik Rolling Stone menempatkan “Every Breath You Take” dalam daftar 500 “Lagu Terbesar Sepanjang Masa “ dan masuk 500 lagu “The Rock & Roll Hall of Fame”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.