Steven Spielberg, Sutradara Pertama yang Dinominasikan Oscar Sebagai Best Director Selama 6 Dekade

by -
Steven Spielberg, Sutradara Pertama yang Dinominasikan Oscar Sebagai Best Director Selama 6 Dekade
(Steven Spielberg. JB Lacroix/WireImage)

Bintangtamu.id – Nama Steven Spielberg mendapatkan nominasi Piala Oscar sebagai the Best Director atau sutradara terbaik memang tidak mengejutkan. Tetapi, kali ini dia memecahkan rekor sebagai sutradara yang paling banyak dinominasikan meraih Oscar.

Pada ajang Piala Oscar atau Academy Award 2022, Steven Spielberg dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik selama enam dekade berbeda.

Sutradara “West Side Story” ini memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Martin Scorsese sebagai sutradara yang mendapat nominasi Oscar selama lima dekade.

Spielberg memperoleh nominasi kategori kedelapan pada Selasa pagi, 8 Februari 2022 sebagai bagian dari nominasi Piala Oscar 2022.

Selain itu, adaptasi musik untuk film “West Side Story” juga mendukung nominasi yang diraih film ini untuk kategori Best Picture, Best Actress in a Supporting Role (pemeran pendukung aktris terbaik), Best Cinematography (Sinematografi Terbaik), Best Sound (Suara Terbaik), Best Costume Design (Desain Kostum Terbaik), dan Best Production Design (Desain Produksi Terbaik)

Link Banner

Sejak nominasi sebagai Sutradara Terbaik pertama yang diperolehnya untuk “Close Encounters of the Third Kind” tahun 1978, pria berusia 75 tahun ini telah menerima pengakuan individu setidaknya dalam salah satu jajaran Sutradara Terbaik Akademi untuk karyanya di “Raiders of the Lost Ark” (1981), “E.T. the Extra-Terrestrial” (1982), “Schindler’s List” (1993), “Saving Private Ryan” (1998), “Munich” (2005), dan “Lincoln” (2012).

Sedangkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik diraiihnya di film “Schindler’s List” (Oscar 1994) dan “Saving Private Ryan” (Oscar 1999).

Sebelum nominasinya untuk “West Side Story”, Steven Spielberg telah mengoleksi 17 nominasi, termasuk kemenangan yang disebutkan di atas serta kemenangan Film Terbaik sebagai produser “Schindler’s List”.

Sutradara kenamaan itu juga memenangkan Irving G. Thalberg Memorial Award di Oscar 1987.

Kompetitor terberatnya adalah Martin Scorsese, yang juga dinominasikan untuk Sutradara Terbaik selama lima dekade dalam film “Raging Bull” (1980), “The Last Temptation of Christ” (1988), “Goodfellas” (1990), “Gangs dari New York” (2002), “The Aviator” (2004), “The Departed” (2006), “Hugo” (2011), “The Wolf of Wall Street” (2013), serta “The Irishman” (dirilis pada 2019 namun ia menerima nominasinya pada 2020).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.