Oscar Tambah Kategori Penghargaan “Film Favorit Penonton” di Academy Awards 94 Melalui Voting

by -
Oscar Bakal Tambah Kategori Penghargaan “Film Favorit Penonton” di Academy Awards 94 Melalui Voting
(“Film Favorit Penonton” akan menjadi kategori penghargaan baru di Piala Oscar. Agency News)

Bintangtamu.id – Penghargaan Piala Oscar atau Academy Awards 94 ini akan menghadirkan penghargaan baru. Penghargaan tersebut adalah “Film Favorit Penonton” atau “Fan Favorite Film” yang akan melibatkan publik di seluruh dunia. Para penggemar film dapat memberikan pendapatnya tentang film terbaik di tahun 2021.

Pengumuman juga akan digelar bersamaan dengan diumumkannya kategori-kategori lainnya di ajang penghargaan ini pada 27 Maret 2022. Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan hal ini pada Senin, 14 Februari 2022 kemarin dimana penonton dapat memberikan pendapat melalui Twitter hingga 3 Maret 2022 mendatang.

Mereka hanya cukup memposting film favorit mereka di tahun 2021 dengan menyertakan #OscarsFanFavorite tagar.  Atau, mereka dapat memanfaatkan situs resmi Academy Award, https://www.oscars.org/  dan mencari menu Oscars Fan Favorite.

Yang menarik adalah hadiah perjalanan ke ajang perhelatan Oscar ke 95 di tahun 2023 bagi pemenang terpilih.

Hal ini diunggah di akun Twitter bercentang biru @The Academy.

Link Banner


Selain kategori tersebut, manajemen juga meminta publik untuk menggunakan Twitter dalam memilih momen sorotan #OscarsCheerMoment yang membuat mereka “bersorak sorai karena senang dengan kemunculan suatu adegan film di bioskop”.

Lima pemenang yang dipilih dari kumpulan peserta akan memenangkan paket, termasuk tiket film gratis setahun penuh di teater pilihan mereka, langganan streaming, dan merchandise eksklusif dari toko milik Academy Museum.

Di tengah penurunan rating untuk beberapa acara yang terkait dengan penghargaan kepada insan seni, langkah ini dilakukan untuk menarik lebih banyak penonton umum.

Hal ini sempat dilakukan di tahun 2018 dimana ada kategori “Outstanding Achievement in Popular Film” kala itu.  Tetapi hal ini sempat ditunda di akhir tahun 2021 karena panitia membutuhkan studi lebih lanjut sebelum melaksanakannya.

Banyak pakar mencatat bahwa Oscar memasukkan jumlah hit box office yang cukup minim di antara kategori nominasi teratas tahun ini.

Nominasi Film Terbaik “Dune” menjadi satu-satunya nominasi kategori yang meraih $100 juta (dengan pemasukan global US$400 juta) di antara sejumlah judul streaming (“Don’t Look Up”, “The Power of the Dog”) dan judul-judul film lainnya seperti “Drive My Car” (US$1,2juta di AS) dan “Licorice Pizza” (hanya di bawah US$14 juta).

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Twitter untuk membantu membangun audiens digital yang terlibat dan bersemangat menjelang upacara tahun ini,” kata Meryl Johnson, Digital Marketing VP di Academy.

“Oscar adalah kesempatan untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia melalui kecintaan mereka terhadap film, dan melalui aktivasi ini. Pengguna media sosial di seluruh dunia sekarang memiliki lebih banyak kesempatan untuk terlibat dengan pertunjukan secara real-time, menemukan komunitas, dan menjadi bagian pengalaman dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya,” jelas Johnson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *