Gary Brooker, Vokalis Procol Harum Tutup Usia

by -
Gary Brooker, Vokalis Procol Harum Tutup Usia
(Gary Brooker. Getty Images)

Bintangtamu.id – Frontman aka vokalis Procol Harum, Gary Brooker, tutup usia di kediamannya. Pelantun “A Whiter Shade of Pale” itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia 76 tahun karena kanker.

Meski dinyatakan meninggal akhir pekan lalu, namun kabar kematiannya baru beredar beberapa hari setelahnya. Hal itu diketahui dari pernyataan yang diunggah di situs resmi band.

“Dengan rasa dukacita mendalam, kami terpaksa mengumumkan kematian Gary Brooker MBE pada 19 Februari 2022. Gary merupakan penyanyi, pianis dan komposer Procol Harum. Dia tak tergantikan di industri musik,” tulis pernyataan tersebut.

Gary Brooker adalah musisi kelahiran London, Inggris, pada tanggal 29 Mei 1945. Dia bersama bandnya mulai meroket popularitasnya sejak single pertama mereka, “A Whiter Shade of Pale” (1967). Lagu balada itu banyak diputar di radio-radio di seluruh dunia pada era 60an hingga 70an. Bahkan hingga kini tak sedikit akun YouTube yang menayangkannya ulang, baik itu hanya dalam bentuk audio maupun video klip.

Awal dirilis, “A Whiter Shade of Pale” sempat memuncaki tangga album di Inggris selama enam minggu berturut-turut. Sementara di AS, lagu itu menduduki 10 hit teratas di tahun yang sama.

Link Banner

Pada tahun 2018, lagu legendaris itu masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.