14 Artis Indonesia yang Sisihkan Sebagian Hartanya untuk Bangun Tempat Ibadah

by -
14 Artis Indonesia yang Ingin dan Sudah Bangun Tempat Ibadah
(Masjid-masjid yang dibangun artis Indonesia. Various/BT)

Bintangtamu.id – Meski hidup bergelimang harta dan popularitas, banyak artis yang tidak hanya terpaku pada urusan duniawi saja. Mereka juga tak lupa mempersiapkan bekal untuk akhirat, salah satunya adalah membangun tempat ibadah seperti masjid dan mushola.

Sejumlah artis tanah air seperti almarhum Olga Syahputra hingga Amanda Manopo diketahui membangun tempat ibadah dengan uang mereka sendiri. Selain mereka berdua, sederet artis lain juga melakukan hal yang sama.

Perbuatan mulia membangun masjid ini tentu saja menyentuh hati netizen. Beikut daftar para artis yang memberikan sebagian hartanya untuk membangun tempat ibadah.

2. Olga SyahputraOlga Syahputra

Salah satu artis yang masuk daftar pertama adalah kakak dari Billy Saputra, yakni almarhum Olga Syahputra.

Link Banner

Artis kawakan yang meninggal pada 2015 itu semasa hidupnya memiliki keinginan untuk membangun tempat ibadah.

Untuk mewujudkan keinginan almarhum, pihak keluarga dan manajemen Olga mendirikan masjid yang diberi nama Masjid Birrul Walidaini Olga Syahputra.

Masjid Birrul Walidaini Olga Syahputra itu berdiri di Duren Sawit, Jakarta Timur.

2. Julia PerezJulia Perez

Semasa hidupnya mantan kekasih Gaston Castano ini membangun dua masjid yang berlokasi di Papua  dan Serang bernama Ar-Rahmah sesuai dengan nama tengah Julia Perez.

Demi membangun rumah Allah, almarhumah yang akrab disapa Jupe itu sampai jual mobil dengan harga di bawah pasaran yakni Rp. 700 juta.

3. Pevita PearcePevita Pearce

Pevita Pearce membangun masjid di Flores, Nusa Tenggara Timur bersama sang ibunda sejak tahun 2016 lalu.

Dia memilih lokasi di sana karena tanah itu diketahui milik ibunya dan harta yang disumbangkan merupakan hasil jerih payahnya dari hasil branded ambasador.

4. Sisca DewiSisca Dewi

Masjid yang dibangun Sisca Dewi diberi nama Masjid Al Scadew. Masjid ini cukup megah di Madiun, Jawa Timur.

Pembangunan Masjid Al Scadew kabarnya menghabiskan biaya Rp6 miliar lebih karena memiliki desain minimalis dan luas sekitar seribu meter persegi yang didirikan di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.

5. Aliando SyariefAliando Syarief

Aliando Syarief juga termasuk salah satu artis yang membangun masjid dengan hasil jerih payahnya sendiri.

Masjid yang dibangun oleh Aliando Syarief bernama Masjid An Nuur di Karawang, Jawa Barat.

Masjid yang dibangun bintang sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini diresmikan tahun 2014.

Aliando membangun masjid bersama keluarganya. Bahkan di dalam mesjid ini terdapat kamar khusus untuk Aliando dan keluarga jika sesekali berkunjung ke sini.

6. Nita ThaliaNita Thalia

Nita Thalia juga diketahui pernah membangun masjid di tiga kota yakni Karawang, Bandung, dan Ciamis dengan menggunakan uang pribadinya.

Hampir sama seperti nama masjid milik Aliando Syarief, yakni An-Nur. Namun, Mesjid An-Nur milik Nita Thalia bersama suami berada di Ciamis.

Mesjid An-Nur dibangun saat pelantun “Bang Mandor” dan “Goyang Heboh” ini sedang naik daun dan digemari pencinta dangdut. Masjid selesai dibangun pada tahun 2015.

Masjid tersebut kini memiliki dua lantai yang berdiri kokoh dan permanen, serta mampu menampung banyak jamaah.

Masjid milik Nita Thalia di Karawang diberi nama At Tabarok, yang didominasi warna hijau sama seperti masjid miliknya yang di Ciamis itu.

Sementara masjid yang terletak di Bandung namanya Mesjid Al-Kautsar. Uniknya rumah ibadah di Bandung ini terdapat madrasah untuk anak yatim.

Apa yang dilakukan Nita Thalia ini menginspirasi pedangdut lain seperti Jenita Janet.

7. Nikita MirzaniNikita Mirzani

Meski dikenal sebagai artis kontroversial, Nikita Mirzani juga membangun masjid di Bandung dan Yogyakarta.

Hal tersebut diketahui dari video berjudul Kedatangan Princess Warrior Nikita Mirzani #NGOBRAK. Dia berbicara pada Gofar Hilman tentang masjid yang dibangunnya di dua kota itu.

“Bikin masjid. Di Bandung, di Yogya,” kata Nikita Mirzani.

Selain membangun masjid menggunakan uangnya sendiri, Nikita juga sering beramal dengan membagikan santunan pada orang-orang yang membutuhkan di tanah air, seperti memberi sumbangan pada saat gempa bumi di Sukabumi hingga selalu kasih gaji ke guru-guru Makassar.

8. Atta HalilintarAtta Halilintar

Atta Halilintar yang dijuluki Sultan Muda karena kekayaannya yang berlimpah serta terkenal di YouTube itu juga  menyisihkan sebagian hartanya untuk kepentingan akhirat, salah satunya adalah membangun Masjid AHHA Mosque di Margajaya, Kec. Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Meski pada awalnya Atta mendirikan masjid untuk memenuhi nazarnya setelah kanal YouTube-nya mencapai 10 juta subscriber, tetapi dia berniat akan membangun mesjid-mesjid AHHA Mosque di daerah yang memang tidak ada masjid.

9. Ivan GunawanIvan Gunawan

Ivan Gunawan berhasil menurunkan berat badan yang cukup fantastis yakni 20 kg selama kurang lebih 3 bulan. Sesuai pertaruhan dengan Deddy Corbuzier, akhirnya host Brownis tersebut mendapatkan uang sebesar Rp500 juta dari Deddy.

Nah, uang dari mantan pemandu acara Hitam Putih tersebut digunakan Ivan Gunawan untuk membangun masjid Masjid Mega Bintang di Kampung Sindangwargi, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Masjid Mega Bintang terlihat megah dan nyaman, karena serba putih. Untuk konsep lantai, pria yang kerap disapa Igun itu memilih marmer.

Tempat wudhu di mesjid ini berada di samping bangunan masjid serta di luar bangunan mesjid terdapat taman serta halaman parkir yang luas.

Igun tidak hanya membangun mesjid di Indonesia saja, diam-diam dia juga tengah membangun masjid di luar negeri tepatnya di desa Ruwabarangga, Uganda, Afrika.

Hal itu baru-baru ini diketahui dari akun Instagram bernama @hamza.tamimy, yang kemudian direpost oleh Igun melalui postingan di akun TikTok miliknya @igun31.

Igun membangun mesjid di sana dengan bantuan Hamza, hal ini diketahui saat Hamza membagikan video singkat berdurasi 32 detik di Instagram.

Nama mesjid yang bikin Hamza dan Yudha Nur Zahra sujud sukur merinding itu adalah Masjid Indonesia.


Masjid Indonesia yang dibangun Ivan Gunawan dan baru diketahui publik pada Sabtu, 9 April 2022 ini dapat menampung jemaah 400 sampai 500 orang.

Bahkan bisa dikatakan mesjid ini cukup besar jika dibandingkan dengan masjid-masjid yang ada di desa yang memiliki sekitar 5 ribu penduduk itu.

Umumnya masjid yang berada di Desa Ruwabarangga, hanya mampu menampung jamaah sebanyak 150 sampai 200 orang saja. Namun Masjid Indonesia mampu menampung jamaah hampir mencapai dua kaki lipatnya.

Ivan Gunawan memberitahukan kepada Deddy Corbuzier tentang Mesjid Indonesia yang akan dibangun di tanah Afrika, “@mastercorbuzier Masjid kita ada di Uganda” tulis Ivan Gunawan dalam akun Instagram miliknya yang menandai akun milik Deddy Corbuzier.

11. Amanda ManopoAmanda Manopo

Nama Amanda Manopo tengah meroket berkat sinetron “Ikatan Cinta”. Meski non Muslim, pemeran Andin itu mengatakan bahwa dia ingin membangun mesjid di dua lokasi yakni di kawasan Jakarta Timur dan lainnya ada di luar kota.

“Jadi mungkin direncanakan di BKT (kawasan Jakarta Timur) sama di daerah luar kota. karena kru-kru kita ini semuanya Muslim,” ucap lawan main Arya Saloka itu.

11. Ki Joko BodoKi Joko Bodo

Sudah tak lagi menjadi paranormal karena alasan mistis yaitu dia berada di sebuah tempat yang dia sebut sebagai lorong waktu.

Ki Joko Bodo berubah menjadi pribadi yang lebih religius dengan menujukan perubahaan seperti perubahan penampilannya hingga mendirikan masjid dengan biaya Rp25 miliar lebih.

Masjid itu berada di Jl. Pala 3 No.9, RT.9/RW.2, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur dengan nama ISTANA WONG SINTINX (Ki Joko Bodo).

12. Sandrina IMBSandrina IMB

Nama Sandrina IMB mungkin masih asing di telinga beberapa masyarakat Indonesia, tapi artis cantik tersebut juga menabung untuk merealisasikan keinginannya membangun masjid demi mewujudkan keinginan sang nenek.

13. Oki Setiana DewiOki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi juga membangun masjid di berbagai wilayah Indonesia yakni Nias, Flores Timur, Maluku, dan beberapa kota lainnya.

Tidak hanya mesjid kakak dari Ria Ricis itu bersama suaminya mendirikan Yayasan Rumah Infaq sejak 2017 lalu.

14. Dewi PerssikDewi Perssik

Dewi Perssik menyelesaikan pembangunan masjid yang dipersembahkan untuk mendiang ayahnya pada tahun 2019. Nama tersebut diambil dari nama Mochammad Adil yakni Masjid Adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *