Ulang Tahun ke 29, Berikut 7 Prestasi IU yang Membanggakan

by -
Ulang Tahun ke 29, Berikut 7 Prestasi IU yang Membanggakan
(IU. EDAM Entertainment)

Bintangtamu.id – Lee Jieun atau lebih dikenal sebagai IU sedang berulang tahun yang ke-29 pada hari ini, 16 Mei 2022.

IU adalah penyanyi, penulis lagu, artis di bawah label LOEN Entertainment. Memulai karir dengan mini album “Lost and Found” pada 2007, kini dia sudah berkarir selama 15 tahun di ulang tahunnya yang ke-29.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by 이지금 IU (@dlwlrma)


Tak heran jika IU telah menorehkan banyak prestasi. Di hari ulang tahunnya yang ke-29 ini, 7 prestasi IU dalam bernyanyi yang telah dirangkum melalui Soompi sebagaimana berikut:

1. Melon Music Award 2017Melon Music Award 2017 IU

Dalam acara ini IU berhasil menyabet beberapa penghargaan, diantaranya: Album of the Year, Penulis Lagu Terbaik, dan Top 10 Artists (Bonsang).

Link Banner

2. Daesang pada Golden Disc Awards ke 32Daesang Golden Disc Awards 2018 IU

Pada 10 Januari 2018, IU menerima salah satu dari 11 penghargaan Bonsang di Golden Disc Awards ke 32. Selain itu, dia juga mengukuhkan diri sebagai peraih Grand Prize (Daesang) dalam acara tahunan ini.

3. Daesang Golden Disc Awards ke 35Daesang Golden Disc Awards 2021 IU

Golden Disc Awards ke 35 diselenggarakan pada 9 Januari 2021. Dalam acara ini IU memenangkan Grand Prize yang dikenal sebagai Daesang dalam kategori Digital Daesang, atau Digital Song of the Year.

Tak hanya itu, IU kembali menorah prestasi dengan memenangkan Bonsang Digital di acara tersebut.

4. Daesang Melon Music Award 2021Daesang Melon Music Award 2021 IU

Pada 4 Desember 2021 IU tampil untuk pertama kalinya di Melon Music Awards sejak empat tahun terakhir. Dia terakhir kali hadir di acara ini pada tahun 2017, ketika memenangkan Album of the Year, Penulis Lagu Terbaik, dan Top 10 Artists (Bonsang).

Pada Melon Music Award 2021, IU berhasil membawa pulang lebih banyak piala, di antaranya: Album of the Year, Penulis Lagu Terbaik, 10 Bonsang Teratas, serta Daesang dari 2 kategori yaitu Album of the Year dan Artist of the Year.

5. Digital Daesang Golden Disc Awards ke 36Digital Daesang Golden Disc Awards 2022 IU

Pada 8 Januari 2022, IU berhasil meraih piala dalam kategori Digital Daesang (Digital Song of the Year) selama 2 tahun berturut-turut. Dia juga menjadi artis pertama dalam sejarah Golden Disc Awards yang berhasil memenangkan total tiga Daesang Digital.

Pemenang akhir dalam acara ini dipilih berdasarkan kriteria penilaian: 60% penjualan yang dihitung hingga pertengahan Desember 2021 dan 40% dari penilaian oleh panel juri.

Ada 50 tim ahli dalam menentukan pemenang dalam acara ini, seperti: jurnalis musik, direktur produksi program musik, kritikus musik, perwakilan distribusi musik, dan komite eksekutif upacara.

6. Seoul Music Awards ke 31Seoul Music Awards 2022 IU

Pada 23 Januari 2022, Seoul Music Awards ke 31 digelar di Gocheok Sky Dome. Dalam acara ini, IU kembali membuat penggemarnya bangga setelah berhasil membawa pulang piala Best Best Song Awards. Selain itu, dia juga berhasil mengamankan Bonsang (Penghargaan Utama) di tangannya.

7. Lagu dan Album Pop Terbaik Korean Music Awards 2022Korean Music Awards 2022 AKMUxIU

Penghargaan Musik Korea tahunan yang ke 19 ini dilaksanakan pada 1 Maret 2022. Jika penghargaan musik di Korea Selatan lainnya biasanya menggunakan angka penjualan sebagai kriteria utama dalam menentukan pemenang setiap tahun, Korean Music Awards justru berfokus pada pencapaian musik sebagai kriteria utamanya.

Dalam ajang bergengsi ini, IU berhasil merebut piala Lagu Pop Terbaik dengan ‘NAKKA’ yang dia bawakan bersama AKMU dan juga Album Pop Terbaik dengan “LILAC”.

Demikian 7 prestasi membanggakan IU yang hari ini genap berulang tahun yang ke-29.

Selamat ulang tahun, IU!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.