Sambut HUT RI ke 77, Berikut 10 Film dengan Tema Kemerdekaan

by -
Sambut HUT RI ke 77, Berikut 10 Film dengan Tema Kemerdekaan

Bintangtamu.id – Menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, banyak pihak yang mulai mempersiapkan sejumlah kegiatan. Mulai dari lomba, hingga acara bertemakan kemerdekaan atau perjuangan.

Hal ini dilakukan agar generasi muda tetap mengenang jasa para pahlawan pada masanya, sehingga saat ini bangsa Indonesia bisa merasakan kemerdekaan.

Salah satu cara paling mudah untuk melihat detik-detik kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan adalah dengan menonton film dengan tema serupa.

Dengan menonton film, penonton seakan bisa merasakan langsung situasi di tahun 1940n karena melihat adegan demi adegan yang disuguhkan dalam film tersebut.

Berikut 10 film dengan tema kemerdekaan yang sangat cocok ditonton saat di bulan Agustus seperti sekarang.

Link Banner

1. Kereta Api Terakhir (1981)

Film klasik ini adalah rekomendasi film pertama yang bertemakan kemerdekaan. “Kereta Api Terakhir” bercerita tentang Markas Besar tentara di Yogyakarta yang memutuskan untuk menarik semua kereta api yang ada ke Yogyakarta.

Film ini juga mengusung genre romansa untuk mempermanis adegan para pemainnya setelah gagalnya Perjanjian Linggarjati. Sehingga, tidak hanya tentang kepahlawanan, tetapi “Kereta Api Terakhir” menyimpan kisah cinta di baliknya.


2. Tjoet Nja’ Dhien (1988)

Tjoet Nja’ Dhien atau Cut Nyak Dien adalah film yang memaparkan kisah Tjoet Nja’ Dien dalam mengusir Belanda. Film ini menggunakan latar tempat di Aceh, karena Cut Nyak Dien merupakan pahlawan perempuan asal Aceh.

Sederet bintang yang berpartisipasi dalam film ini adalah Christine Hakim, Piet Burnama, Slamet Rahardjo (kakak Eros Djarot) dan Rudy Wowor.


3. Merah Putih (2009)

Selanjutnya ada “Merah Putih”. Film ini merupakan film pertama dari “Trilogi Merdeka”.

Ketiga film ini menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan di Indonesia kala itu.

Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Zumi Zola tercatat sebagai pemain utama dalam “Merah Putih”. Kisah mereka dimulai ketika tentara Indonesia berjuang dalam melawan Belanda pada tahun 1947.


4. Darah Garuda (2010)

Film kedua dalam “Trilogi Merdeka” adalah “Darah Garuda”. Film yang mengudara pada 2010 ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Conor Allyn.

“Darah Garuda” bercerita tentang sekelompok kadet heroik yang bergerilya di Pulau Jawa pada tahun 1947.


5. Hati Merdeka (2011)

Film terakhir dalam “Trilogi Merdeka” adalah “Hati Merdeka”. Film ini dibintangi Lukman Sardi, Donny Alamsyah, dan Darius Sinathrya.

“Hati Merdeka” mengambil latar tempat di Bali. Dalam film ini, para kadet diutus dalam misi ke Bali untuk membunuh Kolonel Raymer yang telah menghabisi keluarga Thomas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.