Lagu “Shut Down” BLACKPINK Sukses Puncaki Chart Billboard Global 200

by -
Lagu "Shut Down" BLACKPINK Sukses Puncaki Chart Billboard Global 200
(BLACKPINK. Soompi)

Bintangtamu.id – Pada Selasa (27/9/2022), Soompi melaporkan BLACKPINK kembali sukses meraih prestasi yang sangat mengesankan di chart lagu Billboard!

Baru-baru ini Billboard mengumumkan bahwa lagu terbaru BLACKPINK “Shut Down” dari album studio kedua mereka “BORN PINK” telah sukes memuncaki peringkat No.1 chart Billboard Global 200.

Tidak hanya itu, lagu “Shut Down” milik BLACKPINK juga berhasil memuncaki chart Billboard Global Excl. US.

Chart Bilboard Global 200 adalah chart yang memberikan peringkat lagu-lagu populer berdasarkan pada data penjualan serta streaming dari lebih dari 200 wilayah negara di seluruh dunia. Sementara itu, chart Billboard Global Excl. US memberi peringkat lagu-lagu populer di luar wilayah Amerika Serikat.

Ini adalah kedua kalinya BLACKPINK memuncaki chart Billboard Global 200 setelah pertama kali mencapai prestasi tersebut pada awal bulan September ini dengan single pra-rilis mereka, “Pink Venom”.

Link Banner

“Shut Down” kini bergabung dengan “Pink Venom” sebagai salah satu lagu KPop rilisan tahun 2022 yang berhasil menduduki puncak chart Billboard Global 200. Selain itu, “Shut Down” kini juga resmi menjadi lagu ketiga BLACKPINK yang menempati peringkat pertama di chart Billboard Global Excl. US setelah “Pink Venom” dan “Lovesick Girls.”

Menurut Luminate (sebelumnya MRC Data), selama minggu pelacakan dari tanggal 16-22 September 2022, “Shut Down” berhasil memperoleh 152,8 juta streaming dan telah diunduh sebanyak 17.000 copy di seluruh dunia.

BLACKPINK kini sejajar dengan BTS, Justin Bieber, dan Olivia Rodrigo sebagai penyanyi yang telah beberapa kali memuncaki chart Billboard Global 200.

Juga selama minggu pelacakan dari tanggal 16-22 September 2022, “Shut Down” telah meraih 140 juta streaming dan diunduh sebanyak 13.000 copy di luar wilayah Amerika Serikat. Karena itulah lagu tersebut berhasil memuncaki chart Billboard Global Excl. US, diikuti oleh lagu “Pink Venom” di peringkat No. 2.

Dan pada tanggal 25 September 2022 lalu, BLACKPINK telah membuat sejarah di Billboard setelah album “BORN PINK” berhasil debut di peringkat No. 1 pada chart Billboard 200 yang terkenal. Chart tersebut memberi peringkat 200 album paling populer di Amerika Serikat.

Dengan demikian BLACKPINK resmi sudah menjadi artis KPop wanita pertama dalam sejarah yang berhasil menduduki puncak chart Billboard 200, chart Billboard Global 200, dan juga chart Billboard Global Excl. US.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *