Didukung Dinas Kebudayaan DIY, Festival Gamelan Jogja ke-29 Kembali Digelar

by -
Yogyakarta Gamelan Festival (Instagram / @suaradotcom)
Yogyakarta Gamelan Festival (Instagram / @suaradotcom)

Bintangtamu.id – Pencinta musik tradisional gamelan bersiap, karena dalam waktu dekat akan dihelat festival yang menampilkan aksi musik ini di Yogayakarta.

Acara Yogyakarta Gamelan Festivalatau yang disingkat dengan (YGF) yang bertajuk ‘The International Gathering of Gamelan Players and Gamelan Lovers’ kembali hadir pada 5-11 Agustus 2024 untuk menyapa para pencinta Gamelan.

Acara ini juga sekaligus untuk menjaga warisan budaya agar tidak punah di tengah derasnya gempuran budaya asing yang masuk ke tanah air.

Bertemakan Piweling atau dalam bahasa Indonesia berarti pengingat, YGF akan mengajak penikmatnya untuk kembali ke akar kita. Sehingga festival ke-29 ini bukanlah hanya sekadar perayaan musik biasa, tapi juga acara yang sarat makna.

Selain itu, akan ada sejumlah program menarik lainnya dalam festival ini. Di antaranya: Lokakarya ‘Metode Sariswara Ki Hadjar Dewantara’ di 5-7 Agustus di Pendopo Gayami16.

Rembug Budaya ‘Arsip Musik sebagai Warisan”’ di 6 Agustus di Okid Cafe. Lalu Konser Gamelan ‘Piweling’ di 8-10 Agustus di Plaza Ngasem. Terakhir ditutup dengan Gaung Gamelan (Closing Ceremony of 29th Yogyakarta Gamelan Festival) di 11 Agustus di Kridosono Stadium.

Tak kalah menariknya adalah semua rangkaian acara YGF ini gratis alias tidak dipungut biasa. Masyarakat sekitar bisa menikmati pertunjukkan ini bersama keluarga dan teman karena acara ini terbuka untuk umum.

Acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Gayam16 ini juga didukung oleh banyak pihak penting. Seperti: Dinas Kebudayaan DIY, Dana Keistimewaan, Jogja Festivals, Sayegan Proyektor, Loman Park Hotel, dan Okid Cafe.

Menutup informasi ini, hal-hal lain terkait YGF dan seluruh program yang diusung festival ini bisa terus dipantau melalui akun media sosial @komunitasgayam16 atau melalui situs www.YGFLive.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *