Coldplay Jadi Band Inggris Pertama yang Puncaki Tangga Album AS dan Inggris Bersamaan Sejak 2016

by -
Coldplay Jadi Band Inggris Pertama yang Puncaki Tangga Album AS dan Inggris Bersamaan Sejak 2016
Coldplay. (Instagram/coldplay)

Bintangtamu.id – ‘Moon Music’ membawa Coldplay untuk memecahkan rekor dengan menjadi band Inggris pertama yang memuncaki tangga lagu album di AS dan Inggris secara bersamaan sejak tahun 2016.

Melansir laporan Billboard pada Selasa (15/10/2024) waktu setempat, album studio ke-10 yang bertajuk ‘Moon Music’ dirilis tanggal 4 Oktober kemarin. Kini telah menduduki peringkat pertama di Billboard 200 dan Official Album Charts di Inggris.

Fakta tersebut membuat mereka didapuk sebagai band pertama yang mencapai puncak sejak album kedua The 1975, yakni ‘I Like It When You Seep, For You Are So Beautiful Yet So Unware Of It’ mencapai hal yang sama di Februari 2016 lalu.

Sebelumnya Coldplay juga pernah mendapat prestasi ini di tahun 2005 dengan ‘X&Y’, ‘Viva La Vida’ (2008), ‘Mylo Xyloto’ (2011), dan ‘Ghost Stories’ (2014). Kini ‘Moon Music’ pun membawa mereka untuk menjadi artis Inggris dengan album nomor 1 terbanyak di Billboard 200 pada abad ini.

Sejak tahun 2000, sejumlah grup Inggris lainnya seperti Radiohead, The Beatles, One Direction, Mumford & Sons, Muse, dan Florence + The Machine turut melakukan hal serupa.

Kemudian di segi musisi solo Inggris ada Adele, Ed Sheeran, Paul McCartney, Harry Styles, Zayn, David Bowie, serta Susan Boyle.

“Di ‘Moon Music’, band ini telah membuat salah satu album terbaik mereka dan saya sangat senang bahwa album ini diterima dengan baik oleh para penggemar di seluruh dunia. Bahkan setelah 26 tahun, Chris, Guy, Jonny, dan Will tidak pernah berhenti membuat saya takjub dengan kesenian mereka yang luar biasa dan kerja keras mereka yang tiada henti. Meraih kesuksesan ini di tengah tur stadion yang memecahkan rekor membuat semuanya semakin mengesankan,” kata Phil Harvey, manajer Coldplay.

Di Billboard 200, band ini sudah mencapai 120.000 unit album, 106.000 di antaranya dalam penjualan album tradisional. Coldplay juga berhasil menjual 237.000 unit di Inggris dan mencapai posisi nomor 1 di Official Album Charts.

Coldplay juga menjadi artist musik teratas di AS untuk pertama kalinya dalam 10 tahun sejarah tangga lagu tersebut. Lagi-lagi berkat album ‘Moon Music’.

Sebagai informasi, artist 100 mengukur aktivitas artis berdasarkan metrik utama konsumsi musik. Beberapa di antaranya meliputi penjualan album, penjualan lagu, pemutaran radio, dan stremaing.

Ia menjadi grup ketiga yang memuncaki posisi itu setelah TOMORROW X TOGETHER di bulan April dan Stray Kids pada Agustus lalu. Adapun grup non K-Pop terakhir yang mencapai puncak sebelumnya adalah Slipknot, tetapi di penghujung tahun 2022 lalu.

Kini di urutan kedua dan seterusnya ada Sabrina Carpenter, Taylor Swift, Chappell Roan, dan Morgan Wallen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *