Soroti Masalah Hak Cipta, Caessaria Rilis Single Terbaru ‘Seperti Babi’ Versi Akustik

by -
Soroti Masalah Hak Cipta, Caessaria Rilis Single Terbaru ‘Seperti Babi’ Versi Akustik
Arin, vokalis grup Caessaria. Instagram

Bintangtamu.id – Grup band Caessaria baru saja merilis single terbaru bertajuk ‘Seperti Babi’ dengan versi akustik pada 16 Januari 2024.

Lagu ‘Seperti Babi’ sebelumnya pernah dirilis pada tahun 2022 lalu, sebagai bagian dari mini album pertama mereka bertajuk ‘Halfstoria’.

Namun, kali ini grup yang digawangi Arin (vokalis), Supernova (gitar), dan Roby (gitar) kembali merilis lagu ‘Seperti Babi’ dengan versi akustik.

Bukan tanpa alasan, perilisan lagu versi akustik ini ditujukan untuk menyoroti masalah hak-hak musisi dan para pencipta lagu akan karya-karyanya, yang baru-baru ini ramai diperbincangkan media.

Bersamaan dengan itu, Caessaria juga mengunggah penampilan live mereka membawakan lagu ‘Seperti Babi’ melalui akun Instagram official.

Mengutip dari @caessaria.official pada Rabu (17/1/2024), secara khusus, Caessaria menampilkan lagu ‘Seperti Babi’ dalam versi live akustik dengan ketiga anggota tampak memainkan gitar masing-masing.

Diiringi petikan gitar yang melodik, vokal khas dan meliuk milik Arin sukses menekankan lirik dalam lagu menjadi pesan yang penuh makna.

Lagu ‘Seperti Babi’ sendiri menceritakan tentang seseorang yang terjebak dalam situasi atau sistem yang salah. ‘Seperti Babi’ adalah sebuah kata sifat yang digunakan untuk memaki diri sendiri dan bukan untuk mengatai orang lain.

Dalam video unggahannya, Caessaria juga menuliskan caption yang menyoroti permasalahan pelik yang tengah dihadapi para musisi dan pecipta lagu saat ini.

“Tanpa mendiskreditkan pihak tertentu, saya merilis lagu ini dengan versi akustik untuk mewakili perasaan komposer yang dirugikan secara inmaterial dan materil. Kami memilih menjadi tumbal pembelajaran isu hak cipta lagu yang kian marak. Sampai hari ini saya hanya menjadi penonton akan kecacatan sistem yang disajikan,” tegas Caessaria.

Menutup pesannya, Caessaria berharap industri musik Indonesia akan lebih baik di masa depan dan para musisinya akan lebih mulia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Soundimagine (@soundimagine.indo)


Sebagai tambahan informasi Caessaria merupakan band yang dibentuk pada tahun 2020, dan berada di bawah naungan Musica Studios, yang juga menaungi grup band Noah.

Caesseria juga pernah melakukan kolaborasi dengan Ariel Noah lewat lagu ‘Little Old Man’ yang dirilis pada bulan Desember 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *