Dikit Banget, Jeongyeon TWICE dan Han Stray Kids Berbagi Cerita Tentang Royalti dari Menulis Lagu

by -
Dikit Banget, Jeongyeon TWICE dan Han Stray Kids Berbagi Ceria Tentang Royalti dari Menulis Lagu
Jeongyeon TWICE dan Han Stray Kids (Instagram)

Bintangtamu.id – Jeongyeon TWICE baru-baru ini membagi cerita tentang royalti yang ia dapat dari menulis lagu. Dalam sebuah podcast, ia membahas topik ini bersama junior satu agensinya, Han Stray Kids, yang juga dikenal sering menulis lagu untuk grup tersebut.

Dilansir melalui Instagram @panncafe pada Selasa, (17/9/2024), saat ditanya berapa pendapatan yang diterimanya dari menulis lagu, Han menjawab bahwa lagu yang paling banyak menghasilkan uang untuknya adalah, ‘Slump’. Lagu yang dirilis di tahun 2020 silam ini adalah OST penutup untuk anime ‘Tower Of God’.

‘Slump’ bahkan telah digunakan dalam berbagai versi bahasa untuk anime tersebut. Penggunaan lagu ini secara luas bahkan dalam banyak alih bahasa membuat Han dan Bang Chan selaku penulis dari lagu ini juga mendapatkan bagian royalti yang cukup besar.

Mendengar cerita ini, Jeongyeon pun merasa kaget. Karena Jeongyeon yang juga pernah beberapa kali berpartisipasi dalam pembuatan lagu TWICE. Namun berbeda dengan Han dan Bang Chan, Jeongyeon justru hanya menerima nominal yang sangat kecil bahkan jauh dari yang diharapkan.

“Aku hanya menerima ₩60 KRW (sekitar Rp700,88) dalam pembayaran royalti pada saat-saat tertentu,” ungkap Jeongyeon.

Mendengar pengakuan Jeongyeon ini, para penggemar dan Netizen pun sangat terkejut. Karena nominal ini benar-benar kecil.

Faktanya, jumlah royalti dari penulis lagu tergantung pada seberapa sering atau seberapa luas lagu sang idola sering didengar dan diputar di seluruh dunia. Sehingga meski mereka telah menciptakan banyak lagu, tapi bila jangkauan musiknya kurang luas, maka pencipta lagunya juga hanya mendapat nominal yang tidak seberapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *