Profil Marissa Haque, Artis Senior Indonesia yang Meninggal Dunia

by -
Profil Marissa Haque, Artis Senior Indonesia yang Meninggal Dunia
Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu, 2 Oktober 2024 (Instagram)

Bintangtamu.id – Kabar duka datang dari dunia hiburan Indonesia. Artis senior Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu, dini hari (2/10/2024). Marissa Haque meninggal di usia 61 tahun.

Kabar meninggalnya Marissa Haque diinformasikan oleh putri pertama almarhumah, yakni Isabella Fawzi melalui akun Instagram @bellafawzi_.

Dalam slide pertama unggahan Instagram Feed milik Isabella Fawzi, ia menulis kalimat sebagai berikut.

“Innalillahi Wainnaillaihi Rojiun telah berpulang ke Rahmatullah Ibunda kami tercinta Ibu @marissahaque

Mohon doanya untuk Ibu saya teman2 beliau org baik

Cc @chikifawzi @ikangfawzi”.

Kemudian pada slide kedua Instagram Feed milik Isabella Fawzi, tampak sebuah foto dimana jenazah almarhumah Marissa Haque disemayamkan di rumah duka. Di samping jenazah almarhumah, tampak anggota keluarga yang duduk sambil membaca doa dan ayat suci Al-Quran.

Di bawah postingan Instagram Feed tersebut, Isabella Fawzi menuliskan teks singkat sebagai berikut.

“Ya Allah ampunilah dosa2 Ibuku dan terimalah semua amal2 baiknya di SisiMU.. Mohon doanya untuk Ibu saya yang tercantik di dunia.. Ya Allah sayangi Ibu saya.. berikan tempat terbaik Di SisiMU.”

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isabella Fawzi (@bellafawzi_)


Selain Bella Fawzi, anak kedua Marissa Haque yaitu Chikita Fawzi juga mengunggah kabar duka tersebut. Ia menggunggah melalui Instagram Storynya.

Chikita Fawzi juga menulis bahwa sang ibunda cuma ingin dimakamkan di pemakaman Tanah Kusir. Ia menanyakan pada followersnya, apa yang harus dilakukan dan harus menghubungi siapa karena ingin memberikan yang terbaik untuk sang ibunda.

Chikita juga menggunggah sebuah foto di Instagram Story, dimana ia tampak sedang menggenggam tangan ibunya di sebuah ruangan Rumah Sakit. Dalam foto tersebut tertulis kalimat, “I love you soooo muchhhh ibuuuuu!!!!!!!”

Profil Marissa Haque, Artis Senior Indonesia yang Meninggal Dunia
Marissa Haque meninggal dunia (Unggahan IG Story Chikita Fawzi)

Kabar meninggalnya artis senior Marissa Haque tentu mengejutkan keluarga dan masyarakat. Pasalnya, almarhumah diketahui tidak mengidap sakit apapun dan masih beraktifitas seperti biasa sebelum wafat.

Hal ini juga terpantau melalui akun Instagram milik Marissa Haque yang terlihat masih memposting kegiatannya melalui Instagram Story, pada hari sebelum ia wafat.

Sementara itu, adik dari almarhumah yaitu Soraya Haque, menceritakan kejadian sebelum kakaknya meninggal secara mendadak. Ia mengatakan, sebelum meninggal tidak ada gejala apapun seperti sesak napas. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada penyakit apapun yang diderita oleh almarhumah.

Marissa Haque meninggal di kamar tidur dan sudah ditemukan tidak bergerak oleh suaminya, yaitu Ikang Fawzi. Untuk memastikan kondisinya, pihak keluarga sempat membawa Marissa Haque ke Rumah Sakit, kemudian mendapatkan surat kematian dari Rumah Sakit pada pukul 00.43 WIB.

“Tidak sesak napas, sepertinya sudah tidak bergerak. Jadi, kalau ditanya ada penyakit apa, tidak ada penyakit apa-apa. Kondisi baik-baik saja semuanya. Ya, namanya ajal, ya, sudah. Manusia kan bisa menghadap sang pencipta melalui berbagai macam cara. Ada yang melalui penyakit, ada yang di usia muda, atau dengan cara yang tidak dapat diduga. Dan saya pikir ini yang didapat oleh kakak saya,” ungkap Soraya Haque di rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Profil Marissa Haque

Marissa Haque lahir di Balikpapan, 15 Oktober 1962 dari pasangan Allen Haque dan Nike Suharyah. Nama lengkapnya yaitu Marissa Grace Haque.

Marissa Haque adalah kakak kandung dari artis Soraya Haque dan presenter Shahnaz Haque.

Awal karir Marissa terjun ke dunia entertainment yaitu berawal dari keikutsertaannya di sanggar ‘Swara Mahardika’ milik Guruh Soekarnoputera. Disana ia kursus menyanyi dan menari.

Saat usianya 18 tahun, Marissa diajak sutradara M.T. Risyaf untuk berperan dalam film ‘Kembang Semusim’.

Marissa Haque merupakan salah satu aktris film ternama di tahun 1980 dan 1990-an. Debutnya yang dimulai pada tahun 1980 lewat film ‘Kembang Semusim’ dengan aktris Mieke Wijaya, mencuri perhatian para kritikus dan pencinta film.

Sejak saat itu, ia mulai bermain di banyak film Indonesia. Kemudian, berkat aktingnya yang memukau dalam film ‘Tinggal Landas Buat Kekasih’ (1984), karya sutradara Sophan Sophian, Marissa mendapatkan Piala Citra sebagai Aktris Pendukung Terbaik.

Lewat film tersebut, Marissa bertemu dengan sang suami, Ikang Fawzi. Kemudian mereka menikah pada 3 Juli 1986. Pernikahan tersebut langgeng dan dikaruniai dua orang anak yaitu, Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi.

Selain berkarir di dunia film, Marissa juga fokus dengan studi akademiknya. Setelah menyelesaikan sekolah dasar dan menengah, ia melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah mengambil jurusan Hukum Perdata di Fakultas Hukum, Universitas Trisakti. Kemudian, ia lanjutkan ke program Magister Bahasa Anak Tuna Rungu, Fakultas Humaniora, di Universitas Katolik Atma Jaya.

Ia juga menempuh pendidikan Magister Administrasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Tak hanya itu, Marissa meraih gelar doktornya dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Marissa Haque juga pernah berkarir dalam dunia politik. Pada 2004, Marissa Haque memulai karier politiknya bersama partai PDIP. Dia menjadi caleg dan terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 untuk Dapil Jawa Barat II. Marissa Haque pernah beberapa kali pindah partai. Setelah dari PDIP, ia bergabung dengan PPP kemudian PAN.

Di akhir hayatnya, Marissa Haque masih aktif menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School (STIE IBS), Kemang, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *