Cissy Houston, Ibunda Mendiang Penyanyi Whitney Houston Meninggal Dunia

by -
Cissy Houston, Ibunda Mendiang Penyanyi Whitney Houston Meninggal Dunia
Cissy Houston, penyanyi gospel asal Amerika (Getty Images)

Bintangtamu.id – Ibu dari mendiang Whitney Houston, Cissy Houston telah meninggal dunia..

Penyanyi gospel ikonik itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke 91 tahun.

Menantunya Pat Houston, mengonfirmasi bahwa Cissy Houston meninggal dunia di rumahnya di New Jersey pada hari Senin (07/10/2024) saat menjalani perawatan paliatif untuk penyakit Alzheimer.

“Hati kami dipenuhi dengan rasa sakit dan kesedihan. Kami kehilangan pemimpin keluarga kami,” kata Pat dalam sebuah pernyataan.

“Ibu Cissy telah menjadi sosok yang kuat dan luar biasa dalam hidup kami. Seorang wanita dengan iman dan keyakinan yang mendalam, yang sangat peduli dengan keluarga, pelayanan, dan komunitas. Kariernya selama lebih dari tujuh dekade di bidang musik dan hiburan akan tetap berada di garis depan hati kami,” lanjutnya.

Pat menambahkan, “Kontribusinya terhadap musik dan budaya populer tidak ada bandingannya. Kami diberkati dan bersyukur bahwa Tuhan mengizinkannya menghabiskan begitu banyak tahun bersama kami dan kami bersyukur atas semua pelajaran hidup yang berharga yang ia ajarkan kepada kami. Semoga ia beristirahat dengan tenang, di samping putrinya, Whitney dan cucunya Bobbi Kristina serta anggota keluarga terkasih lainnya.”

Houston juga merupakan bibi dari penyanyi Dionne Warwick dan Dee Dee Warwick.

Houston memulai karier menyanyinya pada tahun 1938 saat ia bergabung dengan saudara perempuannya Anne, dan dua saudara laki-lakinya Larry dan Nicky dalam sebuah grup yang disebut Drinkard Four.

Pada tahun 1963, ia membentuk sebuah grup yang disebut Sweet Inspirations dengan Dee Dee Warwick, keponakannya.

Cissy Houston, Ibunda Mendiang Penyanyi Whitney Houston Meninggal Dunia
Cissy dan Whitney Houston pada tahun 1987 (Getty Images)

Beberapa tahun setelah itu, band tersebut menjadi vokal latar untuk artis-artis seperti Otis Redding, Dusty Springfield, dan Wilson Pickett.

Mereka kemudian bekerja sama dengan The Jimi Hendrix Experience pada tahun 1967 dan Elvis Presley pada tahun 1969.

Sebagai seorang solois, Houston merilis rekaman solo pertamanya berjudul ‘This Is My Vow’ pada tahun 1963.

Namun, dalam rekaman sebelumnya namanya dieja sebagai ‘Sissie’ Houston.

Ia merilis LP debut solonya Presenting Cissy Houston pada tahun 1970, yang mencakup hits seperti “Be My Baby” dan “I’ll Be There.”

Pada tahun 1972, ia menjadi penyanyi latar di album debut Bette Midler.

Semasa hidupnya, Houston berhasil memenangkan dua penghargaan Grammy pada tahun 1996 untuk album soul gospel tradisional terbaik untuk ‘Face to Face’ dan pada tahun 1998 untuk album ‘He Leadeth Me’.

“Cissy memiliki suara yang luar biasa dan itu menular ke bayi kecilnya, Whitney,” Warwick menyatakan kepada media PEOPLE pada bulan Februari.

“Whitney tumbuh persis seperti kita semua, di paduan suara gereja. Itu sudah ditakdirkan, dia akan bernyanyi. Takdirnya sama seperti anggota keluarga lainnya. Seolah-olah Tuhan menunjuk jari pada kita dan berkata ‘Biarkan pita suara melakukan apa yang harus mereka lakukan,’” kenangnya.

“Menonton Whitney seperti melihat Cissy tumbuh dewasa lagi. Suaranya; dedikasinya,” lanjut Warwick.

“Setiap gadis kecil yang lahir setelahnya ingin menjadi Whitney Houston.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *