‘Hello Ghost’ : Film Drama Keluarga yang Kocak dengan Ending Penuh Plot Twist 

by -
Poster 'Hello Ghost' (IMDb)
Poster 'Hello Ghost' (IMDb)

Bintangtamu.id – Kesepian dan tak punya keluarga memang menyedihkan. Di saat semua orang memiliki sosok yang menyambut saat pulang ke rumah atau orang yang mengunjungi dan menyiapkan makan, tapi Sang Man (Cha Tae Yun) tidak pernah merasakan semua itu. Bahkan tak ada satu pun keluarga yang mau mengadopsinya saat di panti asuhan dulu.

Kesepian dan kesedihan ini akhirnya membuatnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Namun semu upaya bunuh diri yang dilakukannya tidak pernah berhasil. Mulai dari overdosis obat hingga menceburkan diri ke Sungai Han.

Sang Man akhirnya bisa diselamatkan dan ia terbangun di rumah sakit. Uniknya, setelah ia sadar, ia menjadi bisa melihat hantu. Bahkan tak hanya satu, tapi 4 hantu yang ada di rumah sakit tersebut.

Sejak saat itu ia pun terus dihantui oleh keempat makhluk astral ini. Saat Sang Man mengunjungi paranormal, sang ahli spiritual menyebut bahwa Sang Man tidak bisa mengusir 4 hantu tersebut. Mereka juga tidak akan pergi dan terus mengikutinya kemana pun hingga keinginan terakhir mereka sebelum mati bisa terkabul.

 

Ulasan ‘Hello Ghost’

Film rilisan 2010 ini telah memenangkan 3 piala dan 6 nominal serta diadaptasi ke dalam versi Indonesia di tahun 2023 dengan judul yang sama. Meski memiliki kata ‘hantu’ di judulnya, tapi film ini tidak seram sama sekali dan justru terkesan kocak.

Film bergenre drama ini cocok untuk hiburan di kala lelah karena alurnya yang mudah dipahami dan konfliknya yang ringan. Ditambah karakter dari masing-masing hantu membuat karakter Sang Man berubah saat mereka meminjam tubuh manusia Sang Man untuk mewujudkan keinginan terakhirnya sebelum mati. Hal ini menciptakan humor yang membuat film ini semakin seru.

Sama seperti film Korea pada umumnya, selain premisnya yang unik, tokoh utama dalam ‘Hello Ghost’ juga mengalami perkembangan karakter di setiap babaknya.

Di awal film mungkin kita akan bertemu Sang Man yang penuh keputusasaan dengan hidupnya yang selalu sendiri dan kesepian. Namun ia berubah menjadi sosok yang lain saat mulai dirasuki oleh para hantu.

Kemudian karakternya mulai sedikit cerah saat ia mulai tertarik pada Yung Soo (Kang Ye Won), perawat di rumah sakit yang sering ia temui dalam berbagai kesempatan.

Karakter Yung Soo ini pula lah yang membuat Sang Man mulai mengubah sudut pandangnya, hingga membuka tabir masa lalu yang sempat terkubur dari ingatan lelaki itu di masa kecilnya.

Film Korea seolah tak pernah kehabisan akal untuk menciptakan kejutan tak terduga di bagian klimaks yang mengaduk perasaan. Sejak saat itu, Sang Man pun mulai mencari keempat hantu yang sempat ia usir setelah keinginan mereka terkabul.

Bagian ini mengantar pada akhir yang tak terduga dan tak terpikirkan sebelumnya.

‘Hello Ghost’ adalah film yang membuat kita mengingat kembali makna keluarga dan mensyukuri kehadiran mereka. Sosok Sang Man yang selalu kesepian dan bernasib malang mungkin menjadi wakil dari banyak orang di dunia yang mengalami emosi serupa.

Melalui sosoknya kita bisa mengambil banyak pelajaran dan sisi kocak yang harusnya menjadi sesuatu yang harus disyukuri.

Di lain sisi, meski memiliki alur yang memuaskan, tapi film ini memiliki beberapa bagian yang tampak kurang natural. Seperti saat Sang Man ingin bunuh diri dengan menelan banyak obat. Seharusnya saat itu ia merasa tidak nyaman atau merasakan efek karena memasukkan banyak obat ke mulutnya, walau tidak menelannya. Karena ia cukup lama menangis sambil terus memasukkan obat ke mulutnya.

Lalu saat ia dan hantu perokok di kejar saat mau mencuri mobil. Terasa aneh bila mobil tidak bisa mengejar manusia yang berlari.

Namun selain itu, film ini tampak memuaskan. Namun karena ‘Hello Ghost’ diliris di 14 tahun yang lalu, film ini masih belum secanggih sekarang dan sinematografinya masih terlihat ‘jadul’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *