Canola: Kisah Haru Nenek dan Cucu yang Terpisah 12 Tahun

by -
Canola: Kisah Haru Nenek dan Cucu yang Terpisah 12 Tahun
Film Korea Canola (IMDb)

Bintangtamu.id – Perpisahan dengan anggota keluarga memang membawa pukulan bagi yang ditinggalkan. Premis ini lah yang ingin diangkat dalam film Korea ‘Canola’.

Film rilisan 2016 ini berkisah tentang seorang nenek (Yoon Yeo Jung) yang tinggal di pulau Jeju bersama cucunya yang berusia 5 tahun. Konflik dimulai saat keduanya terpisah di pasar yang ramai.

Setelah 12 tahun, Hyeji remaja (Kim Go Eun) melihat pamflet di sebuah kotak susu dimana neneknya tak pernah menyerah untuk mencari dirinya. Setelahnya, ia pun memutuskan kembali mencari neneknya. Namun saat keduanya bertemu, semuanya tak pernah lagi sama seperti dulu.

Ulasan Film Canola

Film ini berhasil meraih 2 piala dan 2 nominasi dari ajang perfilman bergengsi karena kisahnya yang menyentuh dan mengandung plot twist.

Akting artis senior Yoon Yeo Jung selalu bisa menghadirkan warna yang kuat dalam setiap peran yang ia lakoni. Begitu pula saat ia menjadi pemeran utama dalam film ini.

Sosok nenek yang tulus dan begitu menyayangi cucu semata wayangnya tergambar sangat menyentuh di sepanjang alurnya. Selain karena Hyeji telah sebatang kara sejak kecil, sosok nenek memang protagonis yang sempurna.

Lalu Kim Go Eun juga tak pernah gagal dalam membawa perkembangan karakter di tokoh Hyeji. Anak 5 tahun yang polos di awal film mendadak berubah menjadi remaja yang suka mencuri. Tentu terjadi perubahan tensi dalam ceritanya.

Lalu saat ia melihat selebaran dirinya di kotak susu hingga pulang kampung. Suasana asing akibat perbedaan kebiasaan dan tempat sangat terasa. Terlebih Hyeji sudah 12 tahun tidak pernah pulang. Namun ia masih mengingat hal kecil di kampung halamannya, seperti nama babi hitam peliharaan mereka.

Tokoh-tokoh pendukung dalam film ini juga tak bisa dilupakan. Mulai dari ahjussi teman menyelam sang nenek, guru seni Hyeji, hingga Han (Minho SHINee).

Bahkan guru seni Hyeji ini membuka jalan bagi masa depan gadis itu sejak dini, dan kelak akan sangat berguna setelah neneknya tiada.

Lalu Han, teman sekolah Hyeji, ternyata sosok di balik terungkapnya masa lalu saat gadis itu terpisah dari neneknya. Hal ini tentu kembali menjadi pukulan berat bagi nenek. Namun ketulusannya tidak berubah. Alasan inilah yang membuatnya disebut protagonis yang sempurna.

Akhir kata, Canola adalah film yang cocok bagi penyuka drama keluarga dengan konflik yang ringan. Kisahnya relatif nyaman ditonton saat lelah dan penat karena konfliknya memang sederhana.

Film ini menghadirkan kejutan secara bertahap sehingga membuat penonton tidak berkedip untuk terus menanti kisah Hyeji selanjutnya.

Aksinya saat mencuri uang nenek dan sempat kepergok ahjussi ternyata tidak ketahuan oleh sang nenek. Meski ia telah dilaporkan, tapi nenek tidak percaya dan tetap memaafkan cucunya. Namun ternyata, kejutan dari film ini bukan di sini. Melainkan hal lain yang lebih besar hingga membuat nenek shock hingga kabur dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *