Film ‘Manusia Hebat’ Angkat Tema Perjuangan Guru Honorer yang Tak Mudah

by -
Film ‘Manusia Hebat’ Angkat Tema Perjuangan Guru Honorer yang Tak Mudah
Film Manusia Hebat (Yeotube/Budaya Estetika Production)

Bintangtamu.id – Film ‘Manusia Hebat’ merupakan film dokumenter yang mengangkat tema tentang perjuangan dan pengorbanan seorang guru honorer pada sebuah desa. Film dokumenter ini diproduseri oleh, Arie Wijayanto yang sengaja meluncurkan film tersebut pada momentum perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengangkat tema mengenai perjuangan serta pengabdian guru honorer yang tidak mudah dan membutuhkan kelapangan hati yang luas film ini diproduksi oleh Budaya Estetika Production. 

Film ‘Manusia Hebat’ berlatar di kampung TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang berada di Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, Pamekasan, Jawa Timur. Film pendek berdurasi 33 menit, 43 detik ini disutradarai oleh Sawal Sihombing. 

Berkisah tentang peran guru honorer bernama Bunali di Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, Pamekasan. Pak Bunali mengajar di Madrasah Aliyah Al Falah yang setara SMA (Sekolah Menengah Atas) di desa tersebut.

Terdapat tiga nilai utama yang disampaikan produser dan sutradara melalui film ‘Manusia Hebat’ yang pertama adalah komitmen, tekad yang kuat, dan tetap berani. 

Dalam film ini dikisahkan Pak Bunali memiliki komitmen yang kuat sebagai guru lantaran Pak Bunali tetap mengabdikan dirinya sebagai pendidik dan membagikan ilmunya di desa. Padahal sosok Pak Bunali merupakan lulusan S2 yang mana ia sebenarnya mampu berkarir di perguruan tinggi atau tempat yang lebih bagus.

Tetangga sekitar Pak Bunali juga banyak yang merantau ke luar negeri atau menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan sosok guru sederhana ini tak terpengaruh untuk meninggalkan desanya demi memberikan ilmu pada orang sekitar.

Meskipun Pak Bunali sudah melakoni pekerjaan sebagai seorang guru, beliau masih juga bertani hal itu pun secara tidak langsung mampu menggugah semangat warga sekitar yang tidak ikut merantau.

Sosok Pak Bunali tak pernah menampakkan keletihannya, aktifitas di pagi hari sebagai pendidik kemudian sore hari dilanjutkan menjadi petani sekaligus peternak tak membuat Pak Bunali surur semangat.

Selain bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai kepahlawanan pada sosok guru, film ini juga hendak diikutsertakan dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI). 

Penasaran dengan sosok Pak Bunali dan kisahnya? Simak film dokumenter ‘Manusia Hebat’di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *