Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, Sutradara Serial ‘Gadis Kretek’ Raih Penghargaan Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024

by -
Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, Sutradara Serial 'Gadis Kretek' Raih Penghargaan Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024
Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, Sutradara serial 'Gadis Kretek', membawa piala Sutradara Terbaik di ajang Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024. (Instagram)

Bintangtamu.id – Serial ‘Gadis Kretek’ kembali mencatatkan prestasi di ajang penghargaan bergengsi internasional. Sutradara serial tersebut yakni Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, meraih penghargaan kategori Sutradara Terbaik dalam ajang Asia Contents Awards (ACA) & Global OTT Awards dalam Busan International Film Festival (BIFF) 2024. Acara yang digelar pada hari Minggu (6/10/2024) itu, merupakan bagian dari acara Busan International Film Festival (BIFF).

Informasi tersebut diunggah melalui akun Instagram resmi BASE Entertainment, yang merupakan perusahaan produksi film dari serial ‘Gadis Kretek’, pada Senin (7/10/2024).

Penghargaan tersebut berlangsung meriah di Teater BIFF, Busan Cinema Center, Busan, Korea Selatan. Tahun ini, Tiffany, anggota dari girl group Girls’ Generation dan aktor Kang Ki Young menjadi pemandu acara itu.

Asia Contents Awards (ACA) & Global OTT Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar untuk memberikan apresiasi kepada konten-konten TV, OTT, dan online terkemuka di Asia. Acara ini dihadiri oleh jajaran artis ternama Korea. Tak hanya itu, artis Indonesia pemeran serial ‘Gadis Kretek’, yaitu Dian Sastrowardoyo dan Arya Saloka juga hadir.

Tentu saja Kamila Andini dan Ifa Isfansyah selaku sutradara serial ‘Gadis Kretek’ juga turut hadir. Kedua sutradara tersebut menyabet penghargaan Best Director (Sutradara Terbaik) dalam Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024.

Dalam kategori Best Director (Sutradara Terbaik), Kamila Andini dan Ifa Isfansyah mengalahkan sutradara dari serial lainnya. Kedua sutradara tersebut unggul dari sutradara Alisher Utev (1286), Patha Thongpan (Enigma), Lim Dae Hyung & Jeon Go Woon (LTNS), dan Park Hoon Jung (The Tyrant).

Sebagai informasi, ‘Gadis Kretek’ yang memiliki judul internasional ‘Cigarette Girl’ masuk ke dalam empat kategori di Asia Contents Awards dan Global OTT Awards 2024. Keempat kategori itu yakni Sutradara Terbaik, Kreatif Terbaik, Aktris Terbaik (Dian Sastrowardoyo), dan Aktor Pendukung Terbaik (Arya Saloka).

Sayangnya, Dian Sastrowardoyo dan Arya Saloka belum berhasil menyabet penghargaan dalam ajang ini.

Kamila Andini dan Ifa Isfansyah, Sutradara Serial 'Gadis Kretek' Raih Penghargaan Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024
Pemeran dan Sutradara ‘Gadis Kretek’ di acara Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024. (Instagram)

Sebelumnya, Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utama dalam serial ‘Gadis Kretek‘ juga mendapat nominasi dalam International Program untuk kategori Best Actress (Aktris Terbaik) dalam ajang Seoul International Drama Awards 2024.

Selain itu, serial ‘Gadis Kretek’ juga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Mini Series (Mini Seri Terbaik) kategori International Competition Program di Seoul International Drama Awards 2024 pada 25 September 2024.

Sebagai informasi, serial ‘Gadis Kretek’ merupakan serial Indonesia yang tayang di platform streaming Netflix. Serial ini diangkat dari novel karya Ratih Kumala dan tayang perdana pada 2 November 2023.

‘Gadis Kretek’ mengangkat cerita tentang seorang perempuan bernama Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan kisah cintanya dengan Soeraja (Ario Bayu). Serial ini berlatar belakang industri kretek dan peristiwa sejarah di Indonesia sekitar tahun 1960-an.

‘Gadis Kretek’ juga dibintangi Arya Saloka, Putri Marino, Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Verdi Solaiman, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Berikut daftar lengkap pemenang Asia Contents Awards (ACA) dan Global OTT Awards 2024.

– Best Creative: Blossoms Shanghai – Tencent Video

– Best OTT Original: Boyhood – Coupang Play

– Best Asian TV Series: 1286 – Salem Entertainment

– Best Reality & Variety:

  • 2 Faces – Workpoint Group
  • Jinny’s Kitchen 2 – eggiscoming

– Best Director: Kamila Andini, Ifa Isfansyah – Cigarette Girl

– Best Writer: Ju Hwa Mi – The Atypical Family

– Best Lead Actor: Hu Ge – Blossoms Shanghai

– Best Lead Actress: Ariel Lin – Imperfect Us

– Best Supporting Actor: Ahn Jae Hong – Mask Girl

– Best Supporting Actress: Yeom Hye Ran – Mask Girl

– Best Newcomer Actor:

Chae Jong Hyeop – Eye to Love You

  • Kim Yo Han – A Killer Paradox

– Best Newcomer Actress: Nimira Sawa – Shut Up

– Best Visual Effects: Parasyte: The Grey – Netflix

– Best Original Song: Learn to Live Again – Imperfect Us

– Creative Beyond Border: Shaman: Whispers from the dead – TVING

– Rising Star of the Year:

  • Anson Kong – Warriors Within 2
  • Jo Yoon Su – The Tyrant
  • Miyoshi Ayaka – Globe – Trotter Travel Guidebook

– People’s Choice Award:

  • Byeon Woo Seok – Lovely Runner
  • Kim Hye Yoon – Lovely Runner

– New Technology: KOCOWA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *