Tips Puasa Seharian Ala Jeonghan Seventeen

by -
Tips Puasa Seharian Ala Jeonghan Seventeen
(Jeonghan Seventeen. @jeonghaniyoo_n/Instagram)

Bintangtamu.id – Carat (sebutan untuk penggemar Seventeen) baru-baru ini diajak mengingat kembali siaran langsung Jeonghan Seventeen saat bulan Ramadan tahun lalu.

Dalam siaran langsung di bulan puasa tahun lalu, Jeonghan Seventeen tidak menampakkan wajahnya dalam siaran tersebut. Dia melakukan radio live (sebuah siaran di aplikasi vlive di mana artis hanya menampilkan suaranya saja), di situ terdengar Jeonghan menyapa penggemar dengan semringah.

Dari suaranya, Jeonghan terdengar sedang makan. Lalu Jeonghan berkata pada penggemar, “Aku sedang makan. Apa kalian tidak makan?”

Karena saat itu sedang bulan Ramadan, beberapa fans Muslim pun ada yang bilang bahwa mereka sedang menjalankan puasa. Dan, komentar tersebut rupanya dibaca oleh Jeonghan. Jeonghan kira, puasa yang dilakukan oleh Carat adalah puasa untuk diet.

Kemudian Jeonghan berkata dalam bahasa Korea yang artinya, “Kenapa kalian puasa? Puasa itu tidak baik untuk kesehatan.”

Hal ini pun mengundang gelak tawa penggemar. Karena di sini Jeonghan salah tanggap mengenai puasa yang dimaksud oleh Carat. Maka, Carat pun banyak yang menyebutkan bahwa, “Saat ini sedang Ramadan.”

Jeonghan yang tidak tahu apa maksud dari Ramadan pun bertanya pada Carat apa maksud Ramadan. Bahkan nada bicara Jeonghan sedikit melas bertujuan untuk merayu Carat agar mau memberi tahunya apa maksud dari Ramadan.

Akhirnya Carat menjelaskan bahwa, “Ramadan adalah satu bulan puasa. Selama sebulan kita puasa selama 19 jam. Dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore kita enggak makan. Kita ngelakuin itu selama sebulan.”

Jeonghan pun menanggapinya dengan berkata, “Oh, puasa 19 jam sehari. Aku juga bisa melakukan itu.”

Selanjutnya Jeonghan pun membagikan tipsnya jika menjalani puasa seperti yang dilakukan oleh Carat. Jeonghan mengatakan bahwa dia akan tidur pada jam 3 atau 4 pagi, lalu bangun jam 3 sore. Dilanjutkan dengan olahraga atau kegiatan lain. Maka, tak terasa sudah jam 6 sore.

Jeonghan kemudian mengingatkan Carat untuk jangan memaksakan puasa sampai tidak makan sama sekali karena itu tidak baik untuk kesehatan.

Namun, jangan salah paham. Jeonghan mengatakan seperti itu bukannya melarang penggemar untuk melaksanakan ibadah puasa. Melainkan, dia tidak mau jika Carat sampai sakit hanya karena puasa yang bertujuan untuk diet. Karena diet dengan cara puasa sudah bukan hal asing lagi di Korea Selatan. Mengingat bahwa tingginya standar kecantikan di negeri ginseng tersebut.

Maksud Jeonghan juga mengingatkan penggemar untuk tidak memaksakan diri untuk diet dengan berpuasa. Kalau puasa untuk menjalankan ibadah, tentu Jeonghan tidak akan melarang. Malah Jeonghan akan sedih jika Carat sampai tidak menjalankan kewajiban beribadahnya.

Apalagi untuk Muslim, jangan sampai tidak menjalankan puasa gara-gara perkataan Jeonghan dalam siaran langsung tersebut. Sebab Jeonghan bukan bermaksud seperti itu.

Kemudian untuk tips yang dibagikan Jeonghan juga jangan sampai dilakukan, karena dalam Islam hukumnya makruh jika puasa hanya diisi dengan bermalas-malasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *